Selasa, 08 Februari 2022

PRESENTASI INTERAKTIF QUIZIZZ, TINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

    Pandemi yang berkepanjangan berdampak pada motivasi belajar siswa. Belum lagi kemonotonan media pembelajaran yang digunakan membuat siswa jenuh mengikuti pembelajaran. Motivasi belajar siswa kelas XII SMAN 1 Karanganom terhadap pelajaran matematika semakin hari semakin menurun. Ditandai dengan menurunnya jumlah siswa yang bersedia menyaksikan video pembelajaran yang telah dibuat oleh guru dan kecenderungan siswa menggunakan aplikasi ataupun browsing untuk mendapatkan jawaban pada saat penilaian harian. Hal ini akan berakibat pada menurunnya kepahaman terhadap pembelajaran, yang nantinya akan berdampak pada menurunnya kualitas SDM yang dihasilkan oleh sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan tidak monoton yaitu dengan menggunakan media presentasi interaktif yang terdapat pada quizizz.

        Hurd dan Jenuings (2009) menyatakan media presentasi interaktif adalah media presentasi yang khusus dirancang untuk mengajarkan siswa suatu pembelajaran tertentu, pengembangan konsep dan pemahaman dan membimbing mereka dalam melatih kemampuan mereka, serta memotivasi mereka untuk memainkannya. Sedangkan motivasi belajar (Calyton Alderfer, 2011) adalah kecenderungan siswa dalam melakukan segala kegiatan belajar yang didorong oleh hasrat untuk mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik mungkin.

      Penggunaan media presentasi interaktif pada quizizz yang diintegrasikan dengan google classroom diterapkan pada kelas XII MIPA 7 SMAN 1 Karanganom semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 pada materi Limit Tak Hingga. Presentasi interaktif terdiri dari beberapa slide. Slide dipergunakan untuk memberikan penjelasan materi yang kemudian diikuti dengan kuis. Siswa menerima penjelasan terlebih dahulu sebelum mengerjakan kuis. Di dalam slide dapat berupa teks narasi, gambar, kombinasi antara teks dan gambar, audio, video, dan halaman web.

         Presentasi interaktif pada quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikarenakan: (1) guru dapat menyapa siswa menggunakan audio sehingga siswa merasa berkomunikasi dengan gurunya, (2) durasi video yang pendek cenderung membuat siswa bersedia menyaksikan video yang diberikan, (3) video tidak hanya berasal dari satu sumber sehingga siswa tidak bosan, (4) kombinasi teks dan gambar menarik siswa untuk membaca dan mengamati, (5) adanya fitur “back” membuat siswa dapat kembali ke slide sebelumnya, (6) presentasi interaktif dapat dimainkan siswa berkali – kali sehingga memotivasi siswa untuk kembali mengulang materi.

         Berdasarkan hasil polling dan pertanyaan terbuka yang diberikan kepada siswa kelas XII MIPA 7 SMAN 1 Karanganom Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022:

Pertama, terdapat 0% siswa tidak senang, 5% kurang senang, 20% cukup senang, 52% senang, 20% sangat senang dan 4% tidak menjawab terhadap penggunaan media presentasi interaktif.

Kedua, terdapat 0% siswa tidak paham, 7% siswa kurang paham, 55% siswa cukup paham, 32% siswa paham, 2% siswa sangat paham dan 4% siswa tidak menjawab tentang tingkat kepahaman terhadap materi yang disampaikan menggunakan presentasi interaktif pada quizizz.

Ketiga, terdapat 42% siswa berpendapat lebih paham menerima materi dibanding dengan media sebelumnya, 44% siswa berpendapat media presentasi interaktif lebih menarik, seru, dan menyenangkan dibanding media pembelajaran sebelumnya, 5% siswa berpendapat media presentasi interaktif sangat bagus dan 8% siswa berpendapat kurang efektif, kendala sinyal dan tegang. 

        Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa media presentasi interaktif dalam fitur lesson quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar